AdminDesa/ November 17, 2016/ Wisata/ 0 comments

Salah satu desa yang menyimpan potensi wisata alam adalah desa Nyalembeng. Desa ini terdapat bukit yang mempunyai pemandangan alam yang indah yaitu bukit Tangkeban. Bukit ini terletak di ketinggian kurang lebih 1.250 m dpl, di sisi utara gunung Slamet, dan mudah didaki karena jalurnya relatif landai tidak curam dan hanya memakan waktu sekitar 10 sampai 15 menit. Di atas bukit terdapat surau dan kuburan tokoh ulama, serta dataran yang cukup luas untuk bercamping. Dari bukit inipun dapat menikmati sunset maupun sunrise.
Legenda Bukit Tangkeban

Tangkeban mempunyai arti Pintu, bukit tangkeban merupakan pintu dari kota pemalang yang terletak di bagian selatan. Bukit ini terletak di perbatasan kecamatan Pulosari dan Moga. Konon legenda yang di percaya masyarakat pemalang bagian selatan, bukit Tangkeban merupakan mata rantai dengan legenda tempat wisata yang ada di daerah moga, antara lain makam mbah Nur, candi Sirongge dan curug Maratangga.

Menurut kepercayaan masyarakat Pulosari, Moga dan sekitarnya, bukit Tangkeban merupakan tempat bermusyawarah para wali sepuluh. Menurut mitos, di percaya wali sepuluh tersebut salah satunya bertugas sebagai pengadaan logistik dan pangan bagi wali sembilan yang bertugas meyebarkan agama. Wali kesepuluh ini diyakini bernama Ahmad Muhamad yang makamnya terletak di sebelah timur musholla di atas bukit Tangkeban. (Red.HP/Muhammad Nadiyin)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*